PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, PROFITABILITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PERUSAHAAN AFILISASI DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016 - 2020)

Main Article Content

Akbari Adha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penghindaran pajak, profitabilitas, investment opportunity set, ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Mengetahui dan menganalisis pengaruh good corporate governance memoderasi pengaruh penghindaran pajak profitabilitas, investment opportunity set dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan afiliasi yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) pada tahun 2016 - 2020. Dari kritiria tersebut diatas, menunjukkan bahwa perusahaan afiliasi yang terdaftar di bei tahun 2016 - 2020, hanya terdapat 39 perusahaan yang memenuhi karakteristik penyampelan yang telah ditentukan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation modelling (SEM) pls yang dioperasikan melalui program warppls.5.0. Berdasarkan temuan penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara profitabilitas, investment opportunity dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Good corporate governance memoderasi pengaruh profitabilitas, investment opportunity dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Sedangkan tax avoidance tidak pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal dan good corporate governance tidak memoderasi pengaruh tax avoidance terhadap struktur modal


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Agoes, Sukrisno. 2011. Etika Bisnis dan Profesi. Jakarta: Salemba Empat.
Basyaib, Fachmi. 2017. Manajemen Risiko. Jakarta: PT. Grasindo.
Brigham, F., dan J. Houston. 2017. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Brown, K. B. 2012. A Comparative Look at Regulation of Corporate Tax Avoidance. New York: Springer.
Desai, M. A., dan D. Dharmapala. 2009. Earnings management and corporate tax shelters. Harvard University.
Hanlon, M., dan S. Heitzman. 2010. “A Review of Tax Research.” Journal of Accounting and Economics (Forthcoming) 2(5):299–315.
Harmono. 2011. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard. Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Husnan, Suad. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Yogyakarta, UPP AMP YKPN.
Kallapur, Sanjay, dan Mark A. Trombley. 2012. “The Investment Opportunity Set : Determinants, Consequnces and Measurement.” Managerial Finance 27(3).
Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Press.
Keown AJ, M. J. 2010. Financial Management: Priciples and Applications 10th Edition. Jakarta: PT. Indeks.
Lastanti, Hexana Sri. 2014. “Tinjauan Terhadap Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik : Refleksi Atas Skandal Keuangan.” Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi 5(1):85–97.
Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Yogyakarta: Andi Offset.
Margaretha, Farah. 2014. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan. Bandung: CV. Pustaka.
Munawir. S. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Murtopo, Purno. 2011. Perpajakan--Pendekatan Sertifikasi A-B-C. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Pohan, Chairil Anwar. 2016. Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Riyanto, Bambang. 2015. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Sawir, Agnes. 2014. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Sedarmayanti. 2012. Good Governance & Good Corporate Governance. Bandung: Mandar Maju.
Suandy, E. 2015. Perencanaan Pajak Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Suryaputri, Rossje V., dan Christina Dwi Astuti. 2003. “Pengaruh Faktor Leverage, Dividen Payout, Size, Earning Growth, and Country Risk Terhadap Price Earnings Ratio.” Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi 3:1–23.
Tunggal. 2015. Intisari Internal Audit. Jakarta: Salemba Empat.
Wahyudi, Untung dan Hartini P. Pawestri. 2006. “Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: Dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening.” Simposium Nasional Akuntansi SNA) IX Pa.
Wastam, Hidayat, dan Wahyu. 2018. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 3(1).