PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI MELALUI KEPUASAN KERJA PEGAWAI PDAM TIRTA SIAK KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Srie Wanti Setyani
Machasin Machasin
Deny Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas kehidupan kerja dan kepemimpinan terhadap kepuasan dan komitmen kerja. untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap komitmen. Dan untuk mengetahui pengaruh kualitas kehidupan kerja dan kepemimpinan terhadap komitmen melalui kepuasan kerja pegawai PDAM Tirta Siak. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru sebanyak 131 orang. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 99 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kehidupan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Kualitas kehidupan kerja mempengaruhi komitmen karyawan. Kepemimpinan berpengaruh terhadap komitmen karyawan. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen karyawan. Kualitas kehidupan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen karyawan melalui kepuasan kerja. Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap komitmen melalui kepuasan kerja.


 

Article Details

Section
Articles

References

Cascio, W. F. 2013. Managing Human Resources. Colorado: Mc Graw –Hill. Comparison.
Davis, Keith dan Newstorm J. W. 2010. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Edison, Emron, Anwar Yohny, dan Komariyah Imas. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Elshifa, Aria. 2018. “Pengaruh Leader Member Exchange (LMX) Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus Pada Karyawan Kospin Jasa Pekalongan).” Ecomomicus 9(1):26–39.
Ferdinand, Augusty. 2013. Structural Equation Modelling dalam Penelitian. Manajemen. Semarang: Universitas Dipenogoro.
Gibson, Ivancevich, Donnely. 2015. Organisasi, perilaku, Struktur dan proses, Edisi. Kelima. Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, Malayu S. .. 2013. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Jogiyanto dan, Abdillah. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM. Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Kartikandari, Darufitri. 2012. “Pengaruh Motivasi, Iklim Organisasi, EQ dan IQ Terhadap Kinerja Karyawan : Studi Kasus DPU dan SETDA di Kabupaten Bantul.” Jurnal Kajian Bisnis dan Manajemen 4(2):41–48.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Lewis, David., Kevin Brazil., Paul Krueger., Lynne Lohfeld., dan Erin Tjam. 2011. “Extrinsic and Intrinsic Determinants of Quality of Work Life.” International Journal of health Care Quality Assurance Incorporating Leadership in Health Service 14:9–15.
Luthans, Fred. 2010. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: PT. Andi Offset.
Luthans, Fred. 2015. Perilaku Organisasi. diedit oleh Vivin Andika Yuwono. Yogyakarta: Andi Offset.
Machasin. 2018. Perilaku Organisasi. Pekanbaru: UR Press.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Noor, Arifin. 2009. “Aplikasi Konsep Quality of Work Life (QWL) dalam Upaya Menumbuhkan Motivasi Karyawan Berkinerja Unggul.” Majalah Usahawan 10(27).
Ridwan, Engkos, dan Achmad Kuncoro. 2014. Cara Menggunakan dan Memaknai Path. Analysis. Bandung: Alfabeta.
Riyanti, Dewi. 2012. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan AJB Syariah Bumiputera Cirebon.” Jurnal Bisnis dan Ekonomi 5(1):1–15.
Robbins, Stephen P. 2013. Organizational Behaviour, Tenth Edition (Perilaku Organisasi. Edisi ke Sepuluh). diedit oleh Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan. Jakarta: Salemba Empat.
Robins, Stephen P. 2015. Perilaku Organisasi. 10 ed. Jakarta: Salemba Empat.
Sopiah. 2010. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung: Alfabeta.
Sunarto. 2008. Manajemen Karyawan. Yogyakarta: Amus.
Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Tangklisan, Hessel Nogi S. 2014. Manajemen Publik. Jakarta: Grasiondo.
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.
Zainal, dan Veithzal Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.