ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA VILLA BUNGA NIRWANA MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Ni Nyoman Juli Nuryani
Luh Riska

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pemasaran yang telah dilakukan oleh pengelola Villa Bunga Nirwana, kendala yang dihadapi dalam memasarkan usaha Villa dalam situasi pandemi Covid-19, dan solusi kendala dalam pemasaran usaha Villa di menghadapi pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Villa Bunga Nirwana yang terletak di Banjar Dinas Carik Agung, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah pemilik Villa, staf pemasaran dan pengunjung Villa. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Villa Bunga Nirwana telah menerapkan bauran pemasaran dalam strategi pemasarannya yaitu produk, harga, tempat, dan promosi, (2) kendala yang dihadapi Villa Bunga Nirwana dalam situasi pandemi Covid-19 yaitu tidak adanya tamu yang menginap di Villa. dan menyebabkan pendapatan Villa mengalami penurunan yang signifikan, dan (3) solusi yang dapat dilakukan dengan inovasi dan adaptasi untuk bertahan dalam situasi saat ini.


 

Article Details

Section
Articles

References

Ayu, Widia Resti. 2020. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada Toko Bag Corner Ponorogo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Dwipayana, Made Adi Krisna. 2016. Strategi Pemasaran Bali Nyuh Gading Villa di Kerobokan Kabupaten Badung. JUMPA.Vol. 3, No. 1, Hal: 143-155.

Kusumaningrum, Desi. 2020. Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus pada Toko Batik Benang Raja Semarang). Skripsi. Universitas Semarang.

Lathifah, Nurul. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin di Makasar. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Menuh, Ni Nyoman dan Ni Wayan Widiantari. 2021. Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Hunian Kamar pada Sense Sunset Seminyak Hotel. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ). Vol. 3, No. 2, Hal: 69-73.

Petri, Mia Muliyani. 2020. Strategi Pemasaran dalam Mempertahankan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi). Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Sari, Yulia. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Kopi Aceh (Studi Kasus Merek Dhapu Kupi). Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Wijayanthi, Ida Ayu Trisna, Putu Mela Ratini dan Ni Ketut Pradnyadari. 2020. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Hunian Kamar di Anantara Uluwatu Bali Resort. JUIMA. Vol. 10, No. 1.