PENGARUH PELATIHAN DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. TELKOM PEKANBARU

Main Article Content

Mutiya Mutiya
Machasin Machasin
Daviq Chairilsyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel intervening pada PT. Telkom Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di pekanbaru, dengan populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Telkom Pekanbaru yang berjumlah 150 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simplerandom sampling. Penelitian ini menggunakan partial least square dengan structural equation modelling. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, (2) pelatihan berpengaruh positif terhadap motivasi, (3) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (4) pelatihan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, (5) motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, (6) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui motivasi dan (7) pelatihan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui motivasi. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lain dan perluasan industri lain dapat memberikan hasil yang komprehensif.


 

Article Details

Section
Articles

References

Almer, Djamhur, & Iqbal, (2017). The Effect Of Leadership Style On Motivation And Employee Performance: A Study On Employees Of PT. Dipo Star Finance Of Makasar Branch, South Sulawesi. Russian Journal Of Agricultural And Socio-Economic Sciences. Vol 61 No 1, 119-126.

Ninik Ambarwati, (2015), Pengaruh Motivasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderasi Di Puskesmas Grobogan Kabupaten Grobogan, E-Jurnal.Unisri.Ac.Id, Vol. 9, No. 2

Nur Hayati Dan Sri Haryani (2016), Pengaruh Pelatihan, Kepemimpinandan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bpr Bank Jogja Yogyakarta, Https//Journal.Stimykpn.Ac.Id, ISSN : 1411-6375, Vol.17,No.1.
Hamzah, Nur,(2014). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Inkud Agritama. Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol 2 (2): 95-101
Harahap, Rianto.(2017). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Sebagai Intervening Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi. Vol. I, (1): 40 – 49.

Khotimah, A.H Dan Iriani, S.(2014). Sistem Informasi Nilai Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah (Mts) Al Muhajirin Kalak Donorojo, Indonesian. Journal On Networking And Security. 3(1). 43-46.

Sari, Rahmila, Muis, Mahlia Dan Hamid, Nurdjannah, (2012). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Makassar. Jurnal Analisis. Vol 1(1)87-93.

Prasdita, Intan, Ninda Dan Dadang. Iskandar, (2015), Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Kerja Pada PT. Telkom Japati Bandung, ISSN : 2355-9357, E.Proceeding Of Management: Vol. 2, No.3.
Kartini Kartono,(2011). Pemimpin Dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Rajawaligrafindo Persada.

Wungow Raymond Octavianus, (2018), Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Indonesia Cabang Manado”, Jurnal EMBA, Vol. 6, No. 3